Profil dan Visi Misi

 

Mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran program studi, serta pihak-pihak yang dilibatkan

Penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran program studi melibatkan semua pemangku kepentingan, baik internal maupun eksternal melalui rapat khusus. Visi dan misi Program Studi Teknologi Manajemen dan Perikanan Budidaya (PS-TMPB) diselaraskan dengan visi, misi, tujuan dan sasaran fakultas dan IPB.� Rumusan visi, misi, tujuan dan sasaran PS-TMPB selanjutnya dibahas pada tingkat fakultas, dan kemudian hasilnya diverifikasi dan divalidasi oleh IPB.

Visi

Visi tahun 2025 PS-TMPB adalah sebagai institusi pendidikan tinggi bertaraf internasional yang menghasilkan lulusan terbaik di bidang teknologi dan manajemen perikanan budidaya tropika

Misi

Upaya yang dilakukan PS-TMPB untuk mewujudkan visi tersebut di atas adalah dengan membangun misi yang sejalan, yaitu:

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang relevan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas serta mampu mengembangkan dan menerapkan IPTEKS dalam bidang perikanan budidaya tropika sesuai kebutuhan masyarakat sekarang dan masa depan (2013-2025).
  2. Melaksanakan penelitian yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, sehingga berguna bagi peningkatan efisiensi proses produksi dan pengembangan teknologi perikanan budidaya tropika.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat (PkM) untuk menumbuhkembangkan kepekaan dan tanggung jawab sosial segenap dosen dan mahasiswa.              Kegiatan PkM pada akhirnya diharapkan menghasilkan konsep-konsep pembangunan perikanan budidaya tropika untuk diterima menjadi dasar kebijakan

Tujuan

Tujuan PS-TMPB adalah menghasilkan sarjana perikanan yang memiliki kemampuan untuk menerapkan prinsip-prinsip ilmu, teknologi dan manajemen industri perikanan budidaya tawar, payau, dan laut kawasan tropika pada sistem pembenihan dan pembesaran biota akuatik, dan subsistem pendukungnya yang berwawasan lingkungan serta berkelanjutan.

Sosialisasi

Visi, misi, tujuan dan sasaran PS-TMPB disosialisasikan kepada seluruh sivitas akademika dan tenaga kependidikan melalui kegiatan penyambutan mahasiswa baru, Rabuan Bersama tingkat fakultas, dan coffee morning pada setiap awal semester tahun ajaran baru. Selain itu, sosialisasi juga dilakukan dengan cara memasang poster yang berisi visi, misi, tujuan dan sasaran PS-TMPB, yang ditempatkan di ruang tata usaha, ruang rapat program studi, ruang kelas, dan web site departemen serta secara internal untuk kalangan dosen melalui Rapat Rabuan. Mekanisme untuk mengetahui tingkat pemahaman sivitas akademika dilakukan melalui wawancara atau survei kepada mahasiswa atau dosen, dan menunjukkan hasil pemahaman yang sangat baik bagi mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan.