Back

DOKTOR (S3)

Kurkiulum S3_File_Download

Kurikulum doktor memiliki beban studi 45 SKS. Perkuliahan disusun untuk mendukung mahasiswa dalam melaksanakan peneltian pada bidang reproduksi dan genetika, atau pada bidang bioproses akuakultur.

VISI

menjadi program doktor unggulan berkualitas internasional dalam pengembangan IPTEKS dan sumberdaya manusia dengan kompetensi utama budidaya ikan tropis yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan
sebagai fokus kajiannya.

MISI
  1. Menyelenggarakan program pendidikan doktor yang bermutu tinggi dan berdaya saing global.
  2. Melaksanakan penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang unggul di bidang akuakultur untuk kemajuan bangsa.
  3. Mentransformasikan ilmu pengetahuan dan teknologi yang unggul di bidang akuakultur untuk kemajuan bangsa.
TUJUAN
  1. Mampu mengembangkan pengetahuan dan menghasilkan temuan baru (kebaruan), teknologi, atau seni dalam akuakultur melalui penelitian untuk menghasilkan karya yang inovatif, kreatif, dan orisinil.
  2. Mampu menemukan solusi dari masalah yang dihadapi akuakultur melalui bidang nutrisi, kesehatan, lingkungan, reproduksi, dan genetika.
  3. Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan penelitian akuakultur agar bermanfaat bagi masyarakat dan mendapat pengakuan baik secara nasional maupun internasional
SASARAN
  1. Doktor yang mampu menganalisis permasalahan di bidang akuakultur secara mandiri untuk mengembangkan ilmu dan teknologi baru di bidang akuakultur yang berkelanjutan.
  2. Program pendidikan doktor yang terselenggara secara efektif dan efisien, sehingga menjadi acuan bagi program sejenis di dalam negeri
  3. IPTEKS yang unggul di bidang akuakultur untuk mendukung kebutuhan bangsa serta pasar global.
  4. Diseminasi hasil penelitian dalam rangka pemberdayaan masyarakat dan memperoleh umpan balik untuk pengembangan kurikulum dan IPTEKS di bidang akuakultur
KOMPETENSI LULUSAN

Mampu mengembangkan konsep ilmu dan teknologi baru di bidang akuakultur melalui pendalaman pada reproduksi dan genetik organisme akuakultur, nutrisi organisme akuakultur, penyakit organisme akuakultur dan pengendaliannya, atau lingkungan akuakultur, serta memahami interaksi bidang-bidang tersebut untuk pengembangan teknologi dan pengelolaan akuakultur yang sehat dan berkelanjutan

CAPAIAN PEMBELAJARAN
  1. Mampu mengidentifikasi, menganalisis, memetakan dan mengevaluasi masalah dan fenomena sumber daya sebagai latar belakang untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang akuakultur
  2. Mampu merancang alternatif pengembangan dan pemecahan masalah melalui program riset yang komprehensif untuk menghasilkan teknologi baru, orisinal dan kreatif serta mendiseminasikan dalam bentuk seminar dan publikasi ilmiah, baik di tingkat nasional maupun internasional.
  3. Mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan mengevaluasi interaksi aspek teknis, manajemen, sosio-ekonomi, dan regulasi untuk menciptakan kebaruan sistem produksi yang berkelanjutan dan bisnis akuakultur berkelanjutan.
  4. Mampu menganalisis, mengevaluasi, dan menginterpretasi data, fakta, teori, dan pengalaman di bidang reproduksi dan genetika organisme akuatik untuk menyintesis dan mengembangkan IPTEK baru untuk kepentingan ilmu pengetahuan dan pengembangan teknologi akuakultur.
  5. Mampu secara sistematis menganalisis mekanisme dan pengaturan metabolisme nutrien, serta mengevaluasi jalur dan nasib nutrien dalam metabolisme untuk menghasilkan produk antara dan produk akhir pada organisme akuatik, dan mengembangkannya dalam teknologi pakan akuakultur yang ramah lingkungan.
  6. Mampu menganalisis mekanisme terjadinya penyakit dan mengeksplorasi strategi mikrob dalam mengalahkan sistem pertahanan inang, menginfeksi, hidup, dan berproliferasi dalam tubuh ikan hingga menyebabkan penyakit, serta pencegahan dan pengobatannya dengan memerhatikan aspek keamanan pangan dan tanggung jawab terhadap lingkungan.
  7. Mampu mengidentifikasi, menganalisis dan mengevaluasi kelompok mikrob fungsional, peranan dan mekanisme aksinya sebagai probiotik, serta mengembangkan probiotik untuk kepentingan akuakultur.
  8. Mampu secara sistematis dan mekanistis menjelaskan, menganalisis, dan menginterpretasikan serta mengevaluasi peranan fisika-kimia-biologi perairan dan tanah dasar terhadap fisiologi biota akuakultur termasuk ekofisiotoksikologi, serta pengembangan teknologinya dalam rangka mendukung akuakultur yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

 

TENAGA PENDIDIK PROGRAM DOKTOR ILMU AKUAKULTUR (AKU)

NO. NAMA DOSEN TETAP JABATAN AKADEMIK PENDIDIKAN S2, S2, S3 DAN ASAL PT BIDANG KEAHLIAN UNTUK SETIAP JENJANG PENDIDIKAN
1 Dr. Ir. Dedi Jusadi, M.Sc. Lektor Kepala S1, Institut Pertanian Bogor, Indonesia S1, Budidaya Perairan
      S2 & S3, Tokyo Univ. of Fisheries, Jepang S2 & S3 , Aquatic Biosciences (Fish Nutrition)
2 Prof. Dr. Ir. Muhammad Agus Suprayudi, M.Si. Guru Besar S1 & S2, Institut Pertanian Bogor, Indonesia S1, Budidaya Perairan
      S3, Tokyo Univ. of Fisheries, Jepang S2, Biologi/Biokimia
        S3, Aquatic Bioscience/Fish Nutrition
3 Prof. Dr. Ir. Widanarni, M.Si. Guru Besar S1, S2, S3 Institut Pertanian Bogor, Indonesia S1, Budidaya Perairan
        S2 & S3, Biologi (Mikrobiologi)
4 Dr. Ir. Odang Carman, M.Sc. Lektor Kepala S1, Institut Pertanian Bogor, Indonesia S1, Budidaya Perairan
      S2 & S3, Tokyo Univ. of Fisheries, Jepang S2, Fisheries Science
        S3, Aquatic Biosciences
5 Dr. Ir. Kukuh Nirmala, M.Sc. Lektor S1, Institut Pertanian Bogor, Indonesia S1, Ilmu Tanah
      S2 & S3, Kyushu University, Fukuoka Jepang S2 & S3, Fishery Enviromental Sciences
         
6 Dr. Ir. Mia Setiawati, M.Si. Lektor S1, S2, S3Institut Pertanian Bogor, Indonesia S1, Budidaya Perairan
        S2 & S3, Biologi (Biokimia Nutrisi)
7 Dr. Ir. Agus Oman Sudrajat, M.Sc. Lektor Kepala S1, Institut Pertanian Bogor, Indonesia S1, Budidaya Perairan
      S2 & S3, Univ. of Tokyo, Jepang S2 & S3, Aquatic Biosciences
         
8 Dr. Ir. Eddy Supriyono, M.Sc. Lektor Kepala S1, Institut Pertanian Bogor, Indonesia S1, Budidaya Perairan
      S2 & S3, Tokyo Univ. of Fisheries, Jepang S2 & S3, Aquatic Bioscience
         
9 Prof. Dr. Ir. Sukenda, M.Sc. Guru Besar S1, Institut Pertanian Bogor, Indonesia S1, Budidaya Perairan
      S2 & S3, Univ. of Tokyo, Jepang S2 & S3, Aquatic Bioscience (Fish Disease)
10 Dr. Munti Yuhana, S.Pi, M.Si. Lektor S1 & S2, Institut Pertanian Bogor, Indonesia S1, Budidaya Perairan
      S3, Universität Zürich, Zürich, Swiss S2, Biologi/Mikrobiologi
        S3, Microbiology (Natural Science)
11 Prof. Dr. Alimuddin, S.Pi, M.Sc. Guru Besar S1, Institut Pertanian Bogor, Indonesia S1, Budidaya Perairan
      S2 & S3, Tokyo University of Fisheries, Jepang S2 & S3, Aquatic Bioscience (Genetic Manipulation)
12 Dr. Sri Nuryati, S.Pi, M.Si. Lektor S1, S2, S3 Institut Pertanian Bogor, Indonesia S1, Budidaya Perairan
        S2, Ilmu Perairan
        S3, Veterinery Science (Kesehatan Ikan)
13 Dr. Ir. Tatag Budiardi, M.Si. Lektor S1,S2, S3 Institut Pertanian Bogor, Indonesia S1, Budidaya Perairan
        S2 & S3, Ilmu Perairan (Akuakultur)
 

Other Link: