Back

Hei sahabat muda

Apakah anda adalah siswa SMU dan SMK tingkat akhir? dan anda sedang bingung akan seperti apa karir anda dimasa depan ?, bingung memilih pendidikan lanjutan diantara sekian banyak pilihan? Mungkin anda pernah mendengar istilah akuakultur dan terfikir di benak anda, apa yang dimaksud dengan akuakultur? seberapa layak akuakultur anda pilih untuk sandaran masa depan? Jika ya, ada baiknya anda meluangkan waktu sejenak untuk membaca informasi ini.

Ok, berikut adalah definisi sederhana dari Akuakultur :

Akuakultur adalah sains dan proses memelihara hewan dan tanaman akuatik seperti ikan, kerang, dan rumput laut dalam lingkungan perairan alami, atau pada perairan yang terkontrol baik air tawar, payau, maupun air laut demi menghasilkan produk yang memiliki nilai jual dan menguntungkan.”

Ada 10 Alasan mengapa akuakultur adalah bidang yang keren dan prospektif untuk anda tekuni, dan layak dipertimbangkan  :


1. Aquaculture is ( a Lesson from ) The Past


kolam ikan nila di tengah taman dari zaman mesir kuno

Orang Mesir kuno merancang metode reklamasi lahan sekitar tahun 2000 SM yang saat ini teknik tersebut masih sangat produktif. Teknik tersebut menghasilkan lebih dari 50.000 hektar tanah di lingkungan air asin dan menghidupi lebih dari 10.000 keluarga. Selama musim hujan, tambak besar dibangun di atas tanah bergaram dan dibanjiri dengan air tawar selama dua minggu. Air kemudian dikeringkan dan tambak diisi ulang dan ditebari bibit belanak yang tertangkap di laut. Petani ikan mengatur salinitas dengan menambahkan air sepanjang musim dan tidak perlu pupuk. Sekitar 300-500kg / ha / tahun ikan dipanen dari tambak tersebut.  (Mark J. Spalding, Kathryn Peyton and Ashley Milton)

Reruntuhan kolam ikan di mesopotamia[/caption]

Budidaya ikan bukanlah hal baru; kegiatan ini telah dipraktekkan selama berabad-abad di banyak peradaban di seluruh dunia. Masyarakat Tiongkok kuno memberikan kotoran dan nimfa ulat sutra untuk ikan mas yang dibesarkan di kolam di dekat peternakan ulat sutra. Sementara orang Mesir menanam ikan nila sebagai bagian dari sistem irigasi mereka yang rumit, sedangkan orang Hawaii telah menanam banyak spesies seperti ikan bandeng, belanak, udang, dan kepiting. Arkeolog juga menemukan bukti untuk kegiatan akuakultur di masyarakat Indian Maya dan dalam beberapa tradisi pada komunitas asli di Amerika Utara.

Alih-alih membuat mata anda berkaca-kaca, sejarah akuakultur justru adalah sejarah yang mencerahkan :

“Akuakultur adalah kegiatan yang telah menghidupi manusia dari zaman kuno hingga sekarang, dan akan menghidupi manusia yang akan datang”


2. Aquaculture is The Future


Ikan dari akuakultur akan mengalahkan persentase ikan dari perikanan tangkap

3. Aquaculture is Forever


photo : pixabay

Bersama dengan pertanian dan peternakan, akuakultur telah berperan penting dalam memberikan komoditas pangan yang sehat bagi manusia. Akuakultur saat ini telah mendominasi suplai untuk beberapa komoditas penting perikanan. Ikan mas, patin, lele, kerapu, scallop, udang, dan rumput laut adalah sedikit contoh dari banyak komoditas perikanan yang datang dari usaha akuakultur. Suplai tersebut selalu meningkat mengikuti permintaannya, baik di dunia maupun di Indonesia. Jika anda menekuni akuakultur, anda tidak perlu cemas akan keberlangsungan usaha. Selama manusia setiap hari masih makan , dan air masih tersedia, maka usaha akuakultur tidak akan ada matinya.


4. Aquaculture is a Science



5. Aquaculture is an Art



6. Aquaculture is Anywhere



7. Aquaculture is Anything



8. Aquaculture is Blue



9. Aquaculture is Wet



10. Aquaculture is Fun


Lulusan akuakultur memungkinkan anda untuk dapat meraih pekerjaan dengan segera. Terbuka banyak peluang sebagai peneliti, teknisi, PNS, bahkan sangat memungkinkan untuk memulai usaha milik sendiri . Dengan bertambahnya jumlah penduduk dunia, dan berkurangnya ikan dari usaha penangkapan, memberi peluang besar bagi anda untuk memulai bisnis yang sangat prospektif di masa depan. Selama manusia masih memakan ikan, dan selama air masih tersedia, usaha akuakultur sangat layak untuk dijadikan sandaran usaha dan menjadi pribadi yang mandiri secara ekonomi.

Terima Kasih

Data telah tersimpan silahkan Klik Tombol Kembali