ROADMAP BDP

Pendahuluan

  • Latar belakang

Visi IPB 2014-2018 menjadi perguruan tinggi berbasis riset, bertaraf internasional, dan penggerak prima pengarusutamaan pertanian, di mana salah satu pilar strategi pengembangan IPB yang mendukung visi tersebut adalah peningkatan mutu penelitian dan inovasi IPTEKS. Departemen BDP sebagai salah satu departemen di IPB telah dan akan terus berperan penting dalam pencapaian visi tersebut.

Penelitian yang terprogram dengan baik melalui penyusunan roadmap akan mendukung tercapainya hasil akhir yang diinginkan. Hasil penelitian dapat berupa landasan awal untuk penelitian berikutnya, penelitian terapan, penelitian peningkatan kapasitas, dan dasar untuk pengabdian kepada masyarakat. Hasil penelitian dapat juga menjadi bahan kebijakan pemerintah dalam mengembangkan perikanan budidaya nasional ke arah yang lebih baik, serta menjadi referensi dunia terkait komoditas tropika.

  • Tujuan

Tujuan umum penelitian BDP adalah untuk menghasilkan ilmu dan teknologi perikanan budidaya dalam upaya mencapai keunggulan akademik, nilai ekonomi, dan dampak sosial. Secara khusus penelitian BDP diarahkan untuk menghasilkan IPTEKS terkait Teknik Produksi dan Manajemen Akuakultur, Reproduksi dan Genetika Organisme Akuatik, Nutrisi Ikan, Kesehatan Ikan, dan Lingkungan Akuakultur.

Status Penelitian
Penelitian di Departemen BDP dapat digolongkan sebagai penelitian dasar, penelitian terapan, penelitian peningkatan kapasitas, dan aplikasi di masyarakat (pengabdian kepada masyarakat).

  • Rencana Penelitian 2014-2018
    Matriks Status dan Rencana Penelitian 2014-2018

Klik disini File Rencana Penelitian 2014-2018