Peningkatan Produksi Ikan Koi Cyprinus carpio Menggunakan Vaksin DNA Anti Koi Harves Virus (KHV)


Departemen BDP, FPIK-IPB berperan serta dalam pelaksanaan Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi (PTUPT) dengan judul Peningkatan Produksi Ikan Koi Cyprinus carpio Menggunakan Vaksin DNA Anti Koi Harpes Virus (KHV). Staf pengajar dari Departemen Budidaya Perairan melakukan penelitian tersebut adalah Dr. Sri Nuryati, Dr. Yuni Puji Hastuti, dan Dr. Odang Carman. Peneliti lain yang terlibat adalah Dr. Eni Kusrini dari Balai Penelitian dan Pengembangan Budidaya ikan Hias, Depok. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efikasi vaksin anti virus KHV di ikan koi di Ciseeng-Bogor.

Acara ini dilaksanakan pada tanggal tahun anggaran 2020 dengan peneliti utama Dr. Sri Nuryati.

related link:
https://www.youtube.com/watch?v=cUh6kR4WW9k



Pemeriksaan Penyakit pada Ikan

Pemeriksaan penyakit merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Laboratorium Kesehatan Ikan Departemen Budidaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, IPB.

Kegiatan pemeriksaan penyakit ikan ini merupakan layanan yang diberikan IPB kepada masyarakat pembudidaya ikan yang mengalami masalah penyakit. Kegiatam pemeriksaan ini di bawah koordinasi Prof. Dr.Dr.Ir. Sukenda, MSc sebagai kepala laboratorium.

Kegiatan pemeriksaan penyakit ini dilaksanakan setiap hari kerja, khusus di masa pandemic ini dengan melakukan perjanjian. Adapun klien yang memeriksakan penyakit salah satunya adalah PT.Cargill Indonesia (30 September 2020), pemeriksaan di bawah supervisi Dr. Sri Nuryati, SPi., MSi.