Pelatihan Budidaya Ikan Mujair

KKN-T IPB TAHUN 2022
DESA PADABEUNGHAR, KECAMATAN PASAWAHAN, KABUPATEN KUNINGAN
Berita Acara Kegiatan
Nama Kegiatan : Pelatihan Budidaya Ikan Mujair
Hari/Tanggal : Sabtu/ 16 Juli 2022
Waktu Kegiatan : 09.45-12.10 WIB
Tempat kegiatan : Kantor Balai Desa Padabeunghar dan Zoom
Peserta : 36 Orang (20 secara luring dan 16 secara daring)

Kegiatan pelatihan budidaya ikan mujair merupakan salah satu rangkaian kegiatan penyuluhan yang diselenggarakan oleh Kelompok 3 KKN-T Desa Padabeunghar, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Acara ini dipandu oleh 2 master of ceremony, yaitu Raihan Daffa Hukama dan Guntur Briliandaru. Pelatihan ini berlangsung satu hari dan terbagi menjadi dua sesi, yaitu seminar secara daring dengan mengundang pembicara dari dosen FPIK IPB, yaitu Dr. Munti Yuhana, S.Pi., M.Si dan talkshow secara luring dengan mengundang pembudidaya ikan dari Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, yaitu Aang Sunandi. Materi yang dibawakan oleh Dr. Munti Yuhana, S.Pi., M.Si mengenai penyakit ikan dan cara pencegahan serta pengobatannya, sedangkan sesi talkshow yang dibawakan oleh Aang Sunandi, yaitu cara manajemen budidaya ikan yang baik untuk bisnis yang berkelanjutan.

Acara dibuka oleh MC kemudian dilanjutkan dengan Tilawah, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan sambutan oleh stakeholder. Sambutan pertama dibawakan oleh Muhammad Faig Hanif sebagai perwakilan kelompok 3, dilanjutkan sambutan oleh Denny Riyanto , S.Pi., M.Si sebagai Kepala Bidang Perikanan, Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Sambutan terakhir oleh Ruhiyat selaku Kepala Desa Padabeunghar. Sesi selanjutnya adalah sesi seminar secara daring oleh Dr. Munti Yuhana, S.Pi., M.Si. dengan menayangkan video rekaman pemaparan materi. Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab secara luring melalui zoom. Sesi seminar secara daring berlangsung selama 50 menit kemudian sesi tanya jawab selama 15 menit. Terdapat sesi hiburan oleh Rifa Rahma Azzahra dan Intan Agustina Faruby dengan membawakan lagu daerah yang berjudul Manuk Dadali.

Acara hiburan berlangsung selama 5 menit kemudian dilanjutkan dengan sesi talkshow. Sesi talkshow dipandu oleh moderator, yaitu Indah Dauna Syavira Haq. Acara talkshow berlangsung secara interaktif dengan beberapa pertanyaan mengenai motivasi budidaya ikan konsumsi, alasan pemilihan komoditas, cara memilih induk yang baik untuk dipijahkan, pakan yang baik untuk ikan nila, cara pemijahan yang sesuai, hingga tahap pemanenan ikan. Sesi talkshow berlangsung selama 30 menit. Acara dilanjutkan dengan penyerahan ikan secara simbolis oleh Denny Rianto, S.Pi., M.Si selaku Kepala Bidang Perikanan Kabupaten Kuningan kepada Kepala Desa Padabeunghar, yaitu Ruhiyat.

Pengundian doorprize dilakukan setelah penyerahan ikan secara simbolis. Pengundian dipandu oleh MC dan kupon diambil oleh Kepala Desa Padabeunghar. Terdapat 5 kantong berisi benih ikan nila merah dengan total sebanyak 250 benih. Hadiah menarik berupa 3 benih buah-buahan dibagikan untuk 3 penanya terbaik. Terakhir acara ditutup oleh MC dan dokumentasi bersama di Balai Desa Padabeunghar.

Dokumentasi

[metaslider id=”8351″]