Deskripsi Mata Kuliah

  • BDP200 Dasar-Dasar Akuakultur
  • BDP240-Dasar-Dasar Mikrobiologi Akuatik
  • BDP414-Teknoprenersip Akuakultur
  • BDP220-Dasar-Dasar Genetika Ikan
  • BDP230-Nutrisi Ikan
  • BDP250-Fisika Kimia Perairan
  • BDP399-Metode Karya Ilmiah
  • BDP301-Prinsip Bioteknologi Akuakultur
  • BDP321-Fisiologi Reproduksi Organisme Akuatik
  • BDP331-TP2I
  • BDP441-Penyakit Organisme Akuatik
  • BDP351-Manajemen Kualitas Air
BDP200 Dasar-Dasar Akuakultur 3(2-3)
Mata Kuliah ini menjelaskan tentang komponen akuakultur yang terdiri dari ikan, air, wadah dan pakan; hubungan antar komponen tersebut; serta prinsip-prinsip yang mendasari peningkatan produktivitas perairan dan pengelolaan akuakultur yang berorientasi kepada keuntungan dan keberlanjutan, mulai skala unit terkecil hingga kawasan akuakultur.
  BDP240 Dasar-Dasar Mikrobiologi Akuatik 3(2-3)
  Prasyarat : -

  Mata Kuliah ini memberikan pemahaman tentang mikroba akuatik meliputi taksonomi, morfologi, dan reproduksi bakteri, virus,   fungi dan alga; metode isolasi dan identifikasi serta perannya dalam kegiatan akuakultur.
BDP414 Teknoprenersip Akuakultur 3(2-3)
Prasyarat : BDP200
Mata kuliah ini mempelajari dasar-dasar bisnis terkait akuakultur berdasarkan pendekatan teknologi produksi dan perilaku pasar.
BDP220 Dasar-Dasar Genetika Ikan 3(2-3)
Mata Kuliah ini mempelajari aspek genetik dalam akuakultur serta pendekatan teknologi rekayasa untuk perbaikan mutu genetik yang terkait dengan peningkatan produktivitas. Pengetahuan dasar yang diberikan meliputi: deskripsi materi genetik ikan, transmisi dan ekspresi gen, genotipe dan fenotipe, rekayasa kromosom, rekayasa kelamin, seleksi, dan rekayasa DNA.
BDP230 Nutrisi Ikan 3(2-3)
Prasyarat : BIK200
Mata Kuliah ini mempelajari kebutuhan nutrien organisme akuatik baik yang hidup di air laut, air payau maupun air tawar, yang kajiannya meliputi struktur, fungsi dan faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan organisme akuatik.
BDP250 Fisika Kimia Perairan 3(2-3) Mata Kuliah ini menelaah parameter fisika-kimia air, dinamika dan peranannya terhadap fisiologi ikan serta terhadap dinamika plankton dalam sistem budidaya. Penelaahan tentang kualitas tanah dasar kolam/tambak juga diajarkan. Pembahasan meliputi identifikasi parameter kualitas fisika- kimia air dan sifat kimia tanah, dinamika beberapa parameter fisik-kimia tanah, peranannya terhadap fungsi-fungsi fisiologis ikan, dan kaitan antara faktor lingkungan dan dinamika plankton dalam sistem akuakultur.
BDP399 Metode Karya Ilmiah 3(2-3) Pengetahuan yang diberikan adalah mengenai konsep penelitian di bidang akuakultur serta kaidah dan tata cara pembuatan usulan penelitian dan penulisan karya ilmiah.
BDP301 Prinsip Bioteknologi Akuakultur 3(2-3) Prasyarat : BDP200, BDP220, BIK200 Mata Kuliah ini menjelaskan prinsip, ruang lingkup dan aplikasi bioteknologi dalam berbagai aktivitas akuakultur yang mencakup teknologi DNA rekombinan, transfer gen dan ikan transgenik, prinsip dan aplikasi PCR, kloning gen, analisis ekspresi gen, sekuensing, dan regulasi produk bioteknologi.
BDP321 Fisiologi Reproduksi Organisme Akuatik 3(2-3) Mata Kuliah ini menjelaskan proses reproduksi ikan dalam arti luas (ikan, udang, kerang, amfibia, reptilia, dan teripang) yang terkait dengan aspek fisiologis, mekanisme kontrol reproduksi (hormonal dan lingkungan akuatik) serta manipulasi reproduksi biota akuatik.
BDP331 Teknologi Pembuatan dan Pemberian Pakan Ikan 3(2-3) Prasyarat : BDP230 Mata kulian ini menjabarkan tentang teknologi pembuatan dan pemberian pakan organisme akuatik. Dalam hal teknik pembuatan pakan mencakup evaluasi bahan baku pakan (fisik, kimia dan biologi), formulasi, proses pembuatan dan pengepakan, distribusi dan penyimpanan. Teknik pemberian pakan menjelaskan interaksi antara kebutuhan pakan dan fisiologi hewan, dan lingkungan.
BDP441 Penyakit Organisme Akuatik 4(3-3) Prasyarat : BDP200, BDP240 Mata Kuliah ini menjelaskan penyakit yang sering terjadi pada organisme akuatik, meliputi telaah agen penyebab, sebaran geografis, etiologi, gejala klinis inang dan diagnosa terhadap penyakit tersebut.
BDP351 Manajemen Kualitas Air 3(2-3) Prasyarat : BDP200, BDP250 Mata Kuliah ini menelaah peranan kualitas air terhadap kesehatan dan produksi biota budidaya, hidrologi, sumber air untuk kegiatan budidaya, permasalahan kualitas air dan solusinya, serta pengantar toksikologi dan bioassay. Pembahasan meliputi pengaruh kualitas air terhadap kesehatan ikan, siklus dan distribusi air di alam, pemanfaatan berbagai sumber air untuk kegiatan budidaya ikan, kelebihan dan kekurangan serta alternatif solusinya, serta pengelolaan kesuburan perairan, resirkulasi, pengelolaan limbah budidaya dan bioassay.

BDP200 Dasar-Dasar Akuakultur 3(2-3)

Mata Kuliah ini menjelaskan tentang komponen akuakultur yang terdiri dari ikan, air, wadah dan pakan; hubungan antar komponen tersebut; serta prinsip-prinsip yang mendasari peningkatan produktivitas perairan dan pengelolaan akuakultur yang berorientasi kepada keuntungan dan keberlanjutan, mulai skala unit terkecil hingga kawasan akuakultur.