AQUACULTURE FESTIVAL

  • AQUAFEST 2019 dilaksanakan pd tanggal 19-20 Oktober 2019. Kegiatan ini dibuka secara simbolis bersama sama oleh ketua MWA, kepala balai, ketua HA IPB dipimpin oleh Dekan FPIK Pak Luky. AQUAFEST 2019 dihadiri oleh beberapa tokoh penting lainnya seperti Pak Rokhmin Dahuri (Ketua MAI), Rektor IPB, Dirjen Perikanan Budidaya KKP RI, Kepala BKIPM KKP RI, Sekjen SCI, Ketua PIHI, dll.
  • Sambutan Acara Aquafest 2019 Oleh: Dr. Luky Adrianto, Dekan FPIK - IPB
  • Sambutan Acara Aquafest 2019 Oleh: Dr. Arif Satria, Rektor IPB
  • Sambutan Acara Aquafest 2019 Oleh: Pak Rokhmin Dahuri (Ketua MAI)
  • Foto Bersama Rektor, Ketua Departemen Budidaya Perairan, Ketua & Panitia Aquafest 2019
  • Penghargaan Sertifikat dan Souvenir pada Acara Aquafest 2019
  • Galery Foto bersama Aquafest 2019

 

 

AQUAFEST (Aquaculture Festival) merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan HIMAKUA (Himpunan Mahasiswa Akuakultur), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor sejak tahun 2010. Setiap tahunnya pengunjung yang datang mengalami peningkatan, pada tahun 2018 tercatat sebanyak 7000 pengunjung yang datang meliputi masyarakat umum, mahasiswa, pelajar Kota Bogor, komunitas ikan hias, pelaku bisnis, dan civitas akademik IPB. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi dan ketertarikan kepada masyarakat umum mengenai bidang perikanan, meningkatkan ketertarikan masyarakat akan komoditas-komoditas akuakultur, memperluas relasi di bidang akuakultur, dan mengembalikan ketersediaan ikan di alam melalui kegiatan tebar benih. Adapun beberapa rangkaian acaranya meliputi seminar dan talkshow, tebar benih, Bogor International Guppy Show, Betta Contest and Exhibition, Quick Setting Aquascape, Aquaculture Center, lomba mewarnai dan menggambar, BAZOQA (Bazaar of Aquaculture), games dan hiburan, serta Gemari (gemar makan ikan).

Tahun ini AQUAFEST kembali dilaksanakan di Mall Botani Square Bogor pada tanggal 19-20 Oktober 2019, mengangkat tema “A future in the Beautiful Aquaculture”. Menurut Dr. Ir. Luky Adrianto. M.Si selaku Dekan FPIK IPB yang diwawancarai pada AQUAFEST 2018 “AQUAFEST adalah kegiatan rutin yang saya pikir perlu kita pertahankan, istimewanya tahun ini adalah AQUAFEST mendekatkan diri pada pusat millennial. Mall sebagai salah satu tempat berkumpul generasi millennial merupakan tempat yang tepat khusus untuk mendekatkan bagaimana perikanan akuakultur dikenal sebagai ekonomi masa depan atau ekonomi generasi millennial dengan mengetahui dan belajar jauh apa itu akuakultur” dan juga menurut Kepala Departemen Budidaya Perairan, Prof. Dr. Ir. M. Agus Suprayudi. M.Si yang diwawancarai pada AQUAFEST 2018 “AQUAFEST tahun ini luar biasa karena diadakan di tempat yang memang berkumpul semua elemen masyarakat sehingga dapat memperkenalkan apa itu akuakultur, apa itu AQUAFEST, dan apa itu HIMAKUA.”.

Kegiatan AQUAFEST 2019 mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, antara lain Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kota Bogor, Pemerintah Kabupaten Bogor, NUSATIC (Nusantara Aquatic), Institut Pertanian Bogor, Mall Botani Square, Forum Cupang Bogor (FCB), Indonesia Guppy Popularize Association (IGPA), dan Komunitas Akuaskap Bogor. Walikota Bogor Dr. Bima Arya Sugiarto, S.Hum., M.A. mendukung kegiatan ini serta mengajak warga Bogor untuk hadir di AQUAFEST 2019. “Datangi, berikan dukungan, meriahkan. Kita lihat semarak kegiatan yang serba ikan di sana. Sampai jumpa di bulan Oktober.” Ujar Bima Arya.

Acara ini meliputi :

-Aquaculture Center
-Gemar Makan Ikan
-Tebar Benih
-Games dan Hiburan
-Lomba Menggambar dan Mewarnai -Bazaar Of Aquaculture
-Quick Setting Aquascape
-Betta Contest and Exhibition
-BIGS (Bogor Indonesia Guppy Show)
-Seminar Udang “Peningkatan Produktivitas, Efisiensi, dan Daya Saing Budidaya Udang Vannamei yang Berkelanjutan”
-Talkshow Temu Usaha “Suskes Ekspor Ikan Hias”
-Talkshow Millenials “Business and Technology 4.0

 Acara ini akan dilaksanakan pada tanggal 19-20 Oktober 2019, lokasi acara ???? : Botani Square Bogor

HIMAKUA IPB saat beraudiensi kepada Walikota Bogor pada tanggal 21 Juni 2019 (Sumber: Hubungan Masyarakat Pemkot Bogor)

 

 

 

 

 

Aquafest 2018

Aquafest 2017

AQUACULTURE FESTIVAL 2016